Artikel, Info Otomotif, Review Ban, Tips

Apa Sih Bedanya Ban A/T, M/T, H/T?

Pernah kah kamu meilihat kode tulisan seperti H/T, A/T dan M/T pada Ban Mobil Kamu? Juga terdapat kode SUV seperti yang ada pada ban GT Radial, kode ini ada di ban dengan tipe Savero yang umumnya dipakai oleh mobil jenis Jip dan SUV. Lalu, apa sih artinya dan manfaat penggunaannya? Singkatnya, kode itu merupakan singkatan dari kegunaan masing-masing ban yang digunakan pada saat melintasi permukaan jalan. Untuk H/T menunjukkan Highway Terrain, sedang A/T artinya All Terrain, M/T adalah Mud Terrain.Mau tahu untuk apa saja kegunaannya, tinggal terjemahkan saja. Ban Highway Terrain (H/T) diperuntukkan bagi kendaraan yang lebih banyak melintas di jalan beraspal. Selain itu ban tipe ini juga memiliki karakter dinding ban yang paling empuk diantara jenis ban SUV lainnya.

Ban Tipe H/T

Ban tipe H/T juga memiliki tapak ban rapat sehingga hambatannya paling minim dibanding ban A/T atau M/T. Efeknya, kinerja mesin jadi lebih ringan dan ini berpengaruh pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Selain itu tipe tapak ini juga membuat ban H/T paling senyap ketika digunakan di jalan beraspal dibanding dua tipe ban SUV lainnya. Jika Anda lebih sering melintas di jalan beraspal, jalan tol, atau jalan raya lainnya untuk aktifitas harian atau berpergian antar kota, maka ban ini paling cocok. Ban tipe ini juga layak dipasangkan pada mobil-mobil SUV compact maupun crossover yang penggunaannya lebih dari 75% di jalan raya (onroad).

Ban Tipe M/T

Sedangkan Ban dengan bertulisan M/T atau Mud Terrain, diperuntukan bagi mobil yang sering bermain-main offroad. Artinya Ban SUV ini cocok digunakan untul melintasi medan-medan berat. Misalnya pada area perkebunan, pertambangan, jalan dengan kubangan lumpur, dan lain sebagainya. Ban tipe ini memiliki komponen lebih kuat dibanding ban H/T. Tapak ban juga jauh lebih kasar dibanding ban A/T atau pun H/T. Selain itu tread block dibuat lebih dalam agar ban tetap memiliki traksi walau berada dalam jalanan yang berlumpur. Bahkan ada jenis ban M/T dengan tapak yang lebih kasar demi kebutuhan melintas di jalan ekstrim.

Ban Tipe A/T

A/T sendiri kepanjangan dari All Terrain. Sesuai dengan namanya, ban tipe digunakan untuk melintasi berbagai tipe tantangan jalan yaitu onroad maupun offroad. Tapi tentunya ada beberapa hal yang mesti kamu tau nih guys. Ban A/T memiliki profil tapak yang lebih kasar dan renggang dibanding ban tipe H/T. Tentunya ini membuat kamu bisa lebih leluasa untuk menggunakan ban di jalan beraspal atau medan yang kasar. Tetapi perlu kamu waspadai, tatkala ban ini dipakai di jalan aspal, terutama saat kondisi jalan basar, grip ban A/T tidak akan sebaik ban H/T.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *