Artikel, Info Otomotif, Review Ban

Apa Penyebab Ban Mobil Mengeluarkan Suara Mendecit?

Ketika mobil melaju, sering kali terdengar suara mendecit dari ban. Jika kamu terus mengalaminya dan terasa terganggu, yuk cari tahu kemungkinan penyebab suara ban yang mendecit tersebut.

Kuranganya Tekanan Ban

Ketika tekanannya kurang, cengkeraman ban ke jalan akan lebih besar dari standar normal. Inilah yang kerap memicu suara mendecit. Jika tekanan ban sesuai rekomendasi, kemungkinan ban mengeluarkan suara mendecit akan berkurang.

Sudut Belok Setir Terlalu Banyak

Masalah pada sudut belok setir bisa juga bisa mendorong kehadiran suara mendecit di ban. Hal itu terjadi ketika sudutnya terlalu banyak sehingga ban tidak mampu mengikutinya. Akibatnya, semakin dibelokkan, maka potensi kehadiran suara mendecit akan bertambah besar.

Terjadi Masalah Pada Alignment

Sudut roda kemudi yang tidak lurus akan memicu suara mendecit dari ban ketika dipakai berbelok. Hal ini diakibatkan oleh sudut camber serta rolling camber (toe-in) yang tidak tepat. Untuk menghindarinya, lakukan spooring secara berkala. Bawa ke bengkel untuk melakukannya. Langkah ini akan menjaga alignment benar-benar tepat. Sudut ban mobil tidak miring ke kanan atau ke kiri.

Jenis Compound Ban yang Lunak

Dengan compound yang lunak, ban akan lebih mencengkeram permukaan jalan. Berkat itu, kendali mobil akan semakin baik. Namun, ada risiko ketika dipakai di permukaan jalan yang tidak berpori seperti di atas tegel atau keramik. Ban akan menghadirkan suara mendecit ketika dipakai berbelok. Selain itu, ban akan lebih cepat aus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *