Artikel

Apa Arti PCD pada Velg Mobil?

Sahabat Om James, pasti kalian tidak asing dengan kata “PCD” pada velg (pelek) mobil, kalian tau ngak tuh apa maksudnya? Om james mau kasih tau kalau PCD pada velg (pelek) mobil adalah salah satu bagian penting di velg yang wajib diperhatikan jika kamu mau melakukan pergantian velg. PCD memiliki kepanjangan “Pitch Circle Diameter”, dalam arti sederhananya adalah jarak antar lubang baut roda pada velg (pelek) mobil. kamu juga bisa menyebutnya dengan bolt pattern atau stud pattern. Pengukurannya dengan mengambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda. Misalnya 4 baut yang diukur antara titik berseberangan dan satuan milimeter.

Nah karena setiap mobil mempunyai ukuran PCD yang berbeda-beda nih, kalian harus tau PCD kalian terlebih dahulu sebelum ganti velg. PCD di velg ada PCD yang ukuran 4×100 mm, 4×114,3 mm, 5×114,3 mm, dan 6,139,7 mm. Dari ukuran itu, ukuran yang paling standar adalah 100 mm buat kebanyakan mobil, maka disebutnya PCD 100. Untuk mobil-mobil MPV dan light-SUV, PCD-nya 114,3 mm, sedangkan sedan kecil dan hatchback, seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, atau Chevrolet Aveo, ber-PCD 100. Kalau mobil kamu sejenis Mercedes 112, BMW 120, dan SUV yang besar 139,7.

Om James apakah PCD pada Velg Dapat diubah?

Om James saranin sih kalo kamu ingin mengubah PCD pelek bisa aja sih, selama kualitas pengerjaan dan tingkat kepresisiannya terjaga. Tapi om james saranin sebaiknya menggunakan PCD asli saja. Karena jika diubah biasanya mempengaruhi faktor keselamatan berkendara. Adapun jika mau diubah maka Ubah yang logis. Maksudnya, jangan melebihi diameter maksimum pringan teromol. Misal PCD 4×100 bisa diubah ke PCD 5×114,3 atau 5×112 dan tidak bisa diubah keukuran 5×120 lantaran diameter teromol tak mencukupi.

Itu saja yang mau om james share, jadi kalo misalnya ditanya temen atau misalnya mau beli velg baru jadinya bisa tau ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *