News & Event

AKi Mobil || Periksa Air Aki Pada Mobil Anda

Aki Mobil – Taukah anda peranan aki mobil?..Aki merupakan penyimpanan tenaga listrik. Hal ini terjadi dengan proses elektrokimia, tenaga listrik dapat diubah menjadi tenaga kimia dan sebaliknya tenaga kimia menjadi tenaga listrik.

Komponen pada aki mobil terdiri dari beberapa sel. Setiap sel terdiri dari pelat positif dan pelat negatif. Sel ini dibuat dari pelat logam timbel berpori, dengan maksud mempermudah reaksi kimia pada permukaan berpori tersebut. Bahan aktif dari pelat positif adalah timbel dioksida (PbO2) berwarna coklat dan untuk pelat negatif adalah timbel (Pb) berwarna abu – abu.

Terkadang air aki mobil cepat habis, hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mari kita urai penyebab air aki cepet habis yang bisa mengganggu kinerja dari mesin mobil.

Sebelum membahas mengenai air aki habis karena menguap, kita harus tahu terlebih dahulu reaksi apa saja yang terjadi di dalam aki.

Aki diberi arus penuh (di isi) Aki berisikan air dan asam sulfat dan sudah dalam keadaan diberi C, berat jenis air baterai = 1,285 Kg/1.arus penuh. Pada temperatur 20 Dalam keadaan ini, bahan aktif pelat positif adalah timbel dioksid (PbO2) berwarna coklat, sedang pelat negatif timbel (Pb) berwarna abu-abu.

Aki dalam keadaan dipakai Oksigen (O2) yang berada pada pelat positif bereaksi dengan hidrogen (H) dan membentuk air (H2O). Pada waktu yang bersamaan, timbel Pb pada pelat positif bereaksi dengan sisa asam (SO4) menjadi timbel sulfat (PbSO4) juga pelat negatif bereaksi dengan sisa asam (SO4) menjadi timbel sulfat (PbSO4).

Baterai dalam keadaan kosong Jika reaksi berlangsung terus menerus maka arus listrik akan habis.Asam sulfat terbagi menjadi dua bagian, satu bagian membentuk air (H2O) dan bagian lain bereaksi dengan bahan pelat dan membentuk timbel sulfat (PbO4). Berat jenis elektrolit menurun 1,08 kg/l

Pengisian arus listrik  Saat pengisian arus listrik, keadaan terbalik .Oksigen dalam asam baterai bereaksi dengan timbel pada pelat positif. Sisa asam terurai dari pelat – pelat dan bereaksi dengan hidrogen di dalam asam baterai. Hal ini akan menambah besarnya berat jenis air baterai.

Penyebab air aki mobil menguap karena temperatur aki mobil menjadi tinggi. Dengan tingginya temperatur tersebut menyebabkan air yang merupakan salah satu penyusun elektrolitnya menguap. Suhu yang tinggi pada aki disebabkan oleh arus pengisian yang terlalu tinggi.

Selain itu, jika air aki cepat habis bisa juga disebabkan oleh adanya kebocoran yang terjadi pada bodi dari aki mobil. Untuk itu pemeriksaan yang seksama harus di lakukan sehingga jangan sampai nantinya malah merugikan komponen yang lain. (suk.029)

AKi Mobil || Periksa Air Aki Pada Mobil Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.