Tips

5 Pertanda Yang Mengharuskan Anda Melakukan Penggantian Oli Mobil Dengan Segera

Ganti Oli Mobil

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang biasa digunakan untuk bertransportasi di masa kini. Tentunya, ia membutuhkan perawatan yang optimal agar senantiasa fit dan layak untuk dipakai sehari-hari. Salah satu faktor penentu dari bisa tidaknya sebuah kendaraan melaju dengan prima adalah, seberapa baik kah performa mesin, dan seberapa rutinkah pengguna melakukan penggantian oli Mobil.

Seperti yang kita ketahui, performa mesin yang baik juga ditentukan oleh pola waktu penggantian oli mobil yang tepat. Meskipun hal ini adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pengendara mobil, banyak orang yang lalai dan teledor dengan hal ini. Sehingga, mesin mobil mengalami penurunan performa dan tidak lagi mampu melakukan tugasnya dengan optimal.

Sebagian orang sudah berusaha merawat mobilnya dengan berkunjung ke bengkel sesuai dengan saran dan aturan standar penggantian oli mobil. Namun, ternyata tak sedikit orang yang mesin mobilnya mengalami penurunan performa meskipun sudah menyempatkan diri untuk mengganti oli mesin.

Sebagai pemilik dari mobil pribadi yang terparkir di garasi, Anda tentu tak menginginkan hal buruk sampai terjadi ke mesin mobil Anda kan? Untuk itu, ada baiknya bila Anda menyempatkan diri untuk menyimak artikel tentang 5 pertanda yang mengharuskan Anda untuk melakukan penggantian oli mobil dengan segera.

Anda penasaran? Baca sampai akhir yuk! Selamat menyimak ya!

1. Saat Menggunakan Mobil, Mesin Mobil Terasa Kasar Dan Perjalanan Kurang Terasa Mulus

Sumber : https://www.pexels.com/

Pernah tidak, saat Anda menggunakan mobil untuk keperluan transportai sehari-hari, mobil Anda terasa agak aneh? Dari yang biasanya mulus-mulus saja saat sedang berkendara, tapi terkadang kok tiba-tiba sensasi berkendara dengan mobil kesayangan kok menjadi agak lebih kasar ya?

Bila keadaanya seperti ini, agaknya Anda sudah harus pergi ke bengkel nih! Bisa saja mesin mobilmu mulai bermasalah! Atau, Anda harus melakukan penggantian oli mobil dengan segera.

Ingat ya, harus disegerakan! Jangan sampai Anda menunda-nunda pemeriksaan mobil, hingga timbul serangkaian kerusakan disana-sini. Anda tetap ingin memiliki mesin yang performanya optimal kan?

2. Saat Oli Diperiksa, Warna Oli Cenderung Hitam Dan Encer

Sumber : https://mobilkamu.com/

Memiliki sedikit keterampilan lebih dalam merawat mesin mobil? Coba deh sempatkan waktu untuk memeriksa oli mesin Anda. Coba perhatikan wujud fisiknya, apakah ia sudah cenderung berwarna hitam dan encer atau belum. Bila sudah hitam encer dan lebih jelek dari yang ada di gambar, ini pertanda bahwa Anda harus melakukan penggantian oli mobil dengan segera nih!

Tapi sebelum melakukan penggantian oli mobil, pastikan dahulu oli yang akan Anda gunakan adalah oli yang berkualitas ya! Mahal tidaknya harga oli, itu urusan belakangan. Toh, ada kok oli berkualitas yang dijual secara murah karena pihak toko sedang melakukan program promosi. Seperti program promo GALI (Ganti Oli) gratis filter oli mobil merk Sakura yang sedang Kiosban jalankan misalnya.

Jadi, memilih oli mobil jangan asal pilih yang mahal. Harus cerdas juga!

3. Kartu Pengingat Untuk Melakukan Penggantian Oli Sudah Terbilang Kadaluarsa

Sumber : http://www.alimuakhir.com/

Setiap bengkel mobil yang baik, tentunya akan memberikan pelayanan yang optimal. Tak jarang, pihak bengkel akan memberikan saran dan kartu pengingat untuk melakukan penggantian oli, setiap kali ada pelanggan yang melakukan penggantian oli mobil.

Bentuk dari kartu pengingat ini memang berbeda-beda. Ada yang berupa memo kecil, secarik kertas, hingga kartu yang didesain dengan apik. Namun apapun bentuknya, para pelanggan diharap kembali ke bengkel untuk melakukan penggantian oli sesuai dengan waktu penggantian yang diestimasikan.

Entah itu ketika mobil sudah mendekati angka kilometer yang dituliskan, ataupun ketika sudah mendekati tanggal yang disarankan, pemilik kendaraan disarankan untuk melakukan kunjungan ke bengkel. Ini penting dilakukan, agar performa mesin dapat tetap terjaga dan terawat dengan maksimal.

4. Munculnya Indikator Peringatan Untuk Segera Melakukan Penggantian Oli Mobil

Sumber : http://aripitstop.com/

Apakah mobil Anda terhitung mobil keluaran terbaru? Coba perhatikan indikator yang ada disekitar bagian kemudi yuk! Biasanya, mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi oleh pabrikannya dengan lampu indikator yang menunjukan bahwa penggantian oli sudah harus dilakukan atau belum.

Kemudian, bilamana lampu indikator tersebut sudah menyala, agaknya Anda harus mengganti oli mobil dengan segera. Setelah oli mobil terganti dan lampu indikator mati, Anda boleh menggunakan mobil sepuas hati tanpa perlu khawatir mesin mobil akan mengalami kerusakan yang berarti.

5. Volume Yang Tidak Sesuai Standar Saat Pemeriksaan Tongkat Ukur Oli Mesin Dilakukan

Sumber : https://mobilkamu.com/

Tak memilki indikator cerdas yang mengingatkan Anda untuk melakukan penggantian oli dengan segera? Anda masih bisa melakukan pemeriksaan dengan tongkat ukur oli mesin kok!

Caranya cukup mudah. Buka kap mesin saat mobil berada dalam kondisi dingin, dan celupkan tongkat ke bagian mesin yang terhubung ke tangki oli. Bila hasil pengukuran tidak sesuai dengan standar, Oli mobil harus segera Anda isi dengan oli yang baru. Simple kan?


Bagaimana? 5 pertanda yang mengharuskan Anda melakukan penggantian Oli Mobil dengan segera cukup mudah untuk dikenali kan? Bila sudah tau dan dapat mengenalinya, jangan sampai diabaikan ya!

Semoga dengan artikel yang Kiosban hadirkan ini, Anda lebih terbantu lagi dalam menentukan kapan waktu untuk melakukan penggantian oli mobil ya! Jangan sampai hanya karena kurangnya pengetahuan yang sebenarnya simple untuk dilakukan, mesin mobil Anda mengalami kerusakan dan penurunan performa!

Butuh info lebih lanjut seputar perawatan mobil dan ingin tau tentang program promo GALI (Ganti Oli) gratis filter oli mobil merk Sakura yang sedang Kiosban jalankan? Jangan sungkan untuk bertanya ya!

Terimakasih sudah menyimak artikel kami, sampai jumpa lagi!

One thought on “5 Pertanda Yang Mengharuskan Anda Melakukan Penggantian Oli Mobil Dengan Segera

  1. Terimakasih informasinya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.