Tips

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Amplifier Untuk Mobil Kesayangan

Amplifier Mobil

Memilih amplifier memang gampang-gampang susah. Terlebih bila amplifier tersebut untuk kebutuhan sendiri, semisal untuk dipasangkan ke dalam mobil pribadi. Tak jarang, banyak pemilik mobil meminta saran ke temannya, ataupun orang yang mereka anggap lebih ahli sebelum memilih amplifier untuk mobil kesayangan yang ia miliki.

Meskipun banyak mobil yang memiliki amplifier bawaan yang berasal dari pabrikan, ada saja orang yang merasa kurang puas dengan performa amplifiernya. Ampli Anda rusak dan tidak bisa diperbaiki? Bila begitu, lain lagi ceritanya. Anda mau tak mau harus membeli ampli yang baru agar suasana kabin Anda tak terasa sepi.

Apapun alasan Anda yang sedang mencari Amplifier baru untuk mobil kesayangan, Anda pasti membutuhkan saran untuk mempermudah dalam melakukan pemilihan. Kalau begitu, Anda perlu memperhatikan 5 hal yang harus diperhatikan saat memilih amplifier untuk mobil kesayangan berikut ini.

Penasaran dengan point apa saja yang harus Anda ketahui? Simak artikel ini hingga tuntas yuk!

1. Meskipun Banyak Yang Bilang Bahwa Merk Bukan Segalanya, Pastikanlah Bahwa Amplifier Anda Memiliki Merk Yang Terpercaya

Tak sekedar mencukupi kebutuhan hidupnya, setiap orang tentu ingin memiliki barang yang berkualitas. Dan kualitas dari suatu barang, agaknya dicerminkan lewat merek yang diusungnya, ataupun tipe series yang dilabelkan oleh pabrikannya.

Anda boleh saja tidak setuju, dan berkilah bahwa ada kok barang dari pabrikan ternama yang memiliki kualitas seadannya. Namun Anda juga harus ingat, barang yang memiliki merk ternama, umumnya lebih dipercaya karena sudah memiliki kualitas yang sudah teruji oleh waktu lewat serangkaian pembuktian dan testimoni.

Hal ini juga berlaku untuk Amplifier mobil. Yang berarti, semakin populer dan semakin banyak yang mengimplementasikannya ke kendaraan beroda empat yang mereka naiki, akan semakin besar potensi kualitas ampli yang akan Anda dapati. Bila sudah begini, tingkat kepuasan yang akan Anda dapatkan juga semakin terjamin.


2. Saat Memilih Amplifier, Pastikan Bahwa Amplifier Tersebut Memiliki Karakter Yang Tepat

Dipasaran, terdapat banyak sekali tipe dan macam amplifier. Mereka tentu memiliki perbedaan karakter bawaan dan juga seri. Namun apapun amplifier yang akan Anda pilih untuk mobil Anda, pastikan bahwa ia memiliki tempo output dan karakter suara seperti apa yang Anda ekspektasikan.


3. Selain Karakternya, Jenis Saluran Amplifier Juga Penting Untuk Anda Perhatikan

Memeriksa karakter amplifier saja sudah cukup? Siapa bilang! Anda juga perlu untuk memeriksa jenis saluran dari amplifier tersebut. Sebab hal ini akan cukup berpengaruh terhadap kualitas suara yang akan Anda dapatkan saat berada di dalam kabin mobil.

Bila Anda menyukai sensasi pengaturan suara yang unik dan asik, Anda harus memilih jenis saluran Subwoofer. Dengan saluran ini Anda dapat mengombinasikan saluran stereo dan mono. Sehingga, suara musik akan semakin terasa mantap untuk dinikmati.

Amplifier Anda hanya akan dipakai untuk keperluan yang sekedarnya saja? Pilih saja amplifier jenis saluran stereo. Sinyalnya memang terbatas pada sisi kanan dan kiri saja, namun kehandalannya tak perlu anda ragukan.


4. Cukup Dengan Melihat Stiker Spesifikasi Saja? Siapa Bilang? Bertanya Ke Yang Sudah Berpengalaman Juga Penting Ya!

Bila ada pepatah yang mengatakan “Jangan melihat buku dari sampulnya”, agaknya hal ini memiliki makna yang hampir serupa. Patut diakui, banyak pabrikan yang memasangi Amplifier buatannya dengan stiker spesifikasi yang informasinya sulit untuk dicerna. Alhasil, tak banyak pengendara mobil yang benar-benar mengetahui persis tentang karakter ampli yang paling baik untuk ia gunakan.

Ingin solusi praktis? Beranikan bertanya ke yang sudah berpengalaman! Ke Customer Support Kiosban juga boleh! Tapi, bilamana Anda memiliki kenalan yang lebih berpengalaman, boleh juga kok bertanya langsung ke mereka. Yang penting, Anda bisa lebih yakin dengan Ampli fier yang Anda beli dari Kiosban nanti.


5. Sudah Menemukan Amplifier Yang Cocok Untuk Mobil Kesayangan? Pastikan Lagi Bahwa Aksesoris Audio Mobil Untuk Menginstal Perangkatnya tersedia! Jangan Lupa, Evaluasi Juga Daya Perangkatnya!


Sudah memilih yang paling bagus dan paling mantap, ternyata aksesoris tambahan yang dipakai untuk menginstall malah tidak tersedia. Jangan sampai ini terjadi pada Anda ya!

Untuk itulah, pastikan bahwa aksesoris audio mobil untuk memasang ampli memang sudah tersedia. Bilapun belum, Anda harus sesegera mungkin mendapatkan aksesoris tersebut atau mengganti pilihan Anda dengan Ampli yang lebih ramah untuk dipasang.

Terakhir, evaluasi kembali daya perangkatnya. Pastikan RMS daya amplifier sesuai dengan speaker, dan ukuran lain daya maksimal ampli lebih ringgi dari jumlah daya RMS.


Bila kelima hal tadi Anda perhatikan sebelum memilih amplifier, Anda pasti tak akan merasa kecewa dikemudian hari. Dan dengan perawatan yang rutin serta penggunaan yang benar, ampli pasti akan lebih awet dan siap untuk memenuhi kebutuhan anda saat sedang ingin mendengarkan suara musik kesukaan Anda di perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.