Artikel

4 Pilihan Mobil Station Wagon Yang Sangat Menarik Untuk Dimiliki

4 Pilihan Mobil Station Wagon

4 Pilihan Mobil Station Wagon Yang Sangat Menarik Untuk Dimiliki – Mobil bersegmentasi Estate atau yang biasa disebut dengan mobil Station Wagon basicnya merupakan mobil berjenis sedan. Namun, yang membuatnya berbeda adalah, mobil ini memiliki atap yang diperpanjang sampai ke bagian belakang mobil, sehingga membentuk sebuah bagasi besar yang mampu menampung berbagai macam barang.

Jika masih bingung dengan bentuknya, berikut ini gambaran dari mobil Station Wagon.

Penampakan dari Mobil Station Wagon

“lho ko terlihat seperti mobil – mobil eropa ya?”

Yap, memang pada dasarnya mobil Station Wagon ini merupakan mobil yang khusus dibuat untuk masyarakat EROPA. Dimana, standarisasi yang mereka terapkan untuk mobil keluarga sangat – sangat berbeda dengan masyarakat Indonesia. Masyarakat EROPA memiliki standard yang sangat tinggi yaitu, harus memiliki performa mesin seperti mobil bersegmentasi sedan, namun juga harus memiliki bagasi sebesar mobil keluarga.

Nah, akhirnya, muncullah sebuah ide pembuatan mobil Station Wagon. Seperti yang sudah Om James sebutkan diatas, mobil ini basicnya merupakan mobil sedan, namun atapnya diperpanjang sampai ke bagian belakang mobil, sehingga membentuk sebuah bagasi yang memiliki kapasitas cukup besar.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya muncul juga beberapa mobil bersegmentasi Station Wagon, yang masuk kepasar otomotif Tanah Air. Walaupun mobil ini sudah masuk kedalam pasar otomotif Tanah Air, namun mobil bersegmentasi ini sangat – sangat jarang digunakan. Dan jika ada yang melintas pun, pasti hanya 1 atau 2 mobil saja, dan pasti tidak ada yang menyadari bahwa mobil tersebut merupakan mobil station wagon.

Nah, untuk lebih jelasnya tentang apasih mobil station wagon itu, berikut Om James berikan 4 mobil bersegmentasi Station Wagon yang beredar dipasaran. Simak dibawah ya :

Berikut Ini Adalah 4 Pilihan Mobil Station Wagon di Indonesia

Sebelum masuk ke no 1, Om James ingin memberikan sedikit informasi tentang sebutan – sebutan khusus mobil station wagon di tiap brand atau merk kendaraan:

Berikut ini nama – nama khusus untuk mobil station wagon disetiap brand atau merk kendaraannya:

  • Audi : Avant
  • BMW : Touring
  • Fiat : Weekend
  • Opel : Caravan
  • Saab : SportKombi

Seperti itulah kira – kira sebutan khusus untuk mobil – mobil station wagon di tiap bran atau merk kendaraan. Sangat unik bukan? Ok kita kembali ke topik, berikut ini 4 Pilihan mobil station wagon yang berada di Indonesia.

IKLAN : PROMO CUCI GUDANG, BRIDGESTONE TURANZA AR-20 DISCOUNT UP TO 42%!! MINAT?
Klik disini


4 pilihan mobil bersegmentasi station wagonMazda 6 Estate

1. Mazda 6 Estate

Mazda 6 Estate menjadi mobil estate paling anyar yang dipasarkan di Indonesia. Ia pun menjadi station wagon paling murah di list ini.

Harga dari mobil Mazda 6 Estate sendiri  di bandrol dengan harga Rp. 538 juta On The Road. Harga ini bahkan lebih murah dibandingkan Mazda 6 sedan yang menembus harga Rp 600 juta.

Hal ini di karenakan ada sebuah peraturan pajak di Indonesia yang menyatakan bahwa mobil dalam bentuk sedan akan di kenakan pajak lebih tinggi, dibandingkan dengan mobil bersegmentasi lainnya.  Kenapa demikian? Karena mobil bersegmentasi seperti ini masuk kedalam daftar barang wewah.

Walaupun jika dibandingkan secara spesifikasi kedua mobil ini memiliki fitur yang sama dan mesin yang serupa yaitu SkyActiv 2.500 cc yang menghasil kan tenaga 185 dk dengan torsi 250 Nm.


4 pilihan mobil bersegmentasi station wagon Mini Clubman

2. Mini Clubman

Yang ke dua (2) adalah sebuah Mini Clubman. Tidak sesuai dengan merknya, sebenarnya mobil ini memiliki kapasitas cabin yang cukup besar.  Bukan hanya itu saja, mobil ini juga merupakan salah satu estate tertua di dunia yang masih di produksi dan dikembangkan sampai saat ini.

Pertama kali Mini Clubman dipasarkan yaitu pada tahun 1970-an dengan nama Mini Clubman Estate. Kemudian, mobil ini terus mengalami pengembangan, sampai dengan generasi paling baru dari Clubman yang dijual di Indonesia dengan dua pilihan varian yaitu Cooper dengan mesin 1.500 cc turbo dan varian Cooper S bermesin 2.000 cc turbo.

Soal harga, Mini Clubman dijual dengan harga Rp. 680 juta untuk varian Cooper dan Rp. 885 juta untuk varian Cooper S.


4 pilihan mobil bersegmentasi station wagon Mercedes Benz E Class Estate

3. Mercedes-Benz E-Class Estate

Yang ke 3 adalah E-Class Estate, mobil ini merupakan salah satu mobil yang banyak digemari. Karena Bentuknya yang elegan dan kenyamanannya yang luar biasa membuatnya disukai banyak orang.

Itulah mengapa rival utama BMW Seri-5 ini selalu tersedia dalam varian estate sejak generasi Boxer yang dijual tahun 80-an hingga generasi saat ini. E-Class Estate di Indonesia hanya tersedia dalam trim E250 yang dijual dengan harga Rp 1,4 miliar OTR untuk daerah Jakarta.

Walau pun pernah ada trim di atas nya yaitu E400 estate pada tahun 2016, sayang nya tidak laku karena harga nya yang tinggi maka dari itu mereka sekarang hanya menjual trim bawah nya saja.


4 pilihan mobil bersegmentasi station wagon Mercedes Benz C Class Estate

4. Mercedes-Benz C-Class Estate

Last But Not Least adalah Adik dari E-Class yaitu Mercedes-Benz C-Class Estate. Varian atau tipe ini juga dapat anda beli dengan model estate, bahkan rival dari BMW Seri-3 ini menawarkan varian AMG untuk model estate nya.

Ia pun menjadi estate yang paling kencang di Indonesia, yaitu AMG C63 Estate bermesin 4 liter V8 dengan turbo ganda. Varian C63 Estate ini dijual seharga Rp 3,2 miliar belum termasuk pajak barang mewah.

Jika mesin tersebut terlalu kencang bagi Anda, tenang saja karena varian C250 Estate juga dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 1 miliar.


Yang mungkin itu aja yang bisa saya sampai kan tapi saya punya bonus buat anda 1 mobil lagi yang harga nya sangat sangat murah di banding kan list di atas. Mobil itu Adalah Datsun Go+ panca 🙂  iya janagan di ketawain kan tadi saya bilang mobil estate di ambil dari basis mobil hatchback atau ngga sedan

Sedang kan Datsun GO+ panca di ambil dari basis hatchback yaitu Datsun GO.

Gimana tanggapan anda? Bisa komen dikolom komentar dibawah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.