News & Event

4 Langkah Jitu Merawat Aki Anda

Bagi sebagian besar orang, membeli jauh lebih gampang dari pada perawatan. Apalagi kalau menyangkut sesuatu hal yang jarang dipahami, misalnya aki pada mobil. Nach buat anda yang ingin merawat aki supaya panjang umur… tips berikut ini cukup bagus untuk di coba.

Aki termasuk salah satu komponen vital, baik di motor maupun mobil. Jika sampai rewel, mesin kendaraan menjadi susah untuk dihidupkan. Biasanya hal ini dikarenakan kurangnya perhatian dan perawatan.

Jenis aki yang ada pada mobil saat ini, yaitu aki kering dan basah. Jika aki kering, tidak memerlukan penambahan air aki dan harganya biasanya lebih mahal dari pada jenis aki basah (harus menambah air aki).

Teknologi yang ada pada saat ini memiliki banyak ragam, akan tetapi aki tetaplah aki, aki tetap butuh perhatian dan perawatan yang tepat. Untuk itu perhatikan 4 langkah di bawah ini. Sudahkah anda melakukannya dan benarkah yang anda lakukan..??

1. Jika anda ingin mengganti aki, sesuaikan ukuran ampere dengan standarnya. “Kalau mau menaikkan satu ukuran aki dari standarnya,” saran Hadi. Terkecuali jika mobil sudah dijejali peranti audio.

2. Usahakan tinggi aki sesuai dengan standarnya. Jangan pernah mencoba mengganti dengan bodi yang lebih tinggi, sangat berbahaya. Jika menutup kap mesin, ditakutkan kutub aki (+) dan (-) bisa menimbulkan percikan api.

3. Pada saat anda membuka aki, dahulukan kutub (-) lalu (+). Sebaliknya, saat memasang, dahulukan kutub (+) baru (-). Tujuannya, kata Hadi agar tidak terjadi korsleting.

4. Lakukan pengecekan aki guna selalu berada di antara upper dan lower level. Jika berada di bawah upper dapat menyebabkan cepat soak dan sel menjadi rusak bila sampai kering sekali. Lakukan pengisian pada saat mesin masih dalam keadaan dingin.

(can13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.