News & Event

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Biar Mobil Awet

Terdapat beberapa hal ringan yang bisa Anda kerjakan untuk mengurangi biaya pemeliharaan mobil.

Dengan mengerjakan beberapa tips sederhana berikut, mobil menjadi berumur lebih lama.

1. Mesin: Jalankan mobil sesegera mungkin setelah mesin dinyalakan.

Mobil lama memang perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dijalankan. Hal ini sebab sesaat setelah distarter, campuran bahan bakar dalam mobil lama masih belum stabil.

Ada saatnya campuran terlalu banyak bensin atau terlalu banyak udara. Campuran menjadi stabil setelah mobil dipanaskan. Menjalankan mobil dengan mesin dingin dapat merusak komponen mesin.

Sebaliknya mobil model baru, campuran bahan bakar-udara sudah langsung merata meski mobil baru dinyalakan.

Tetapi, jangan langsung tancap gas ketika mobil baru berjalan. Ini dapat menyebabkan kompenen mesin cepat rusak.

2. Suspensi: Kurangi kecepatan ketika melintasi gundukan atau jalan yang tidak rata.

Suspensi mobil berada pada posisi terkompres pada saat melintasi permukaan yang tidak rata.

Mekanisme ini dapat membuat pengemudi dan penumpang terus merasa nyaman. Gaya kompresi dapat disalurkan pula ke sasis. Pada kondisi normal, mekanisme ini wajar dan baik-baik saja.

Masalahnya, pada saat kecepatan tidak dikurangi saat melintas di jalan yang tidak rata, gaya tekan yang besar dapat memengaruhi sasis, sambungan logam, dan sistem suspensi sehingga lebih cepat aus.

3. Sistem listrik: Pastikan terminal aki selalu bersih.

Aki adalah komponen penting pemasok listrik pada mobil. Listrik berfungsi untuk menyokong sistem mobil secara total termasuk memberi energi untuk kelengkapan entertainment mobil.

Terminal aki wajib dipastikan bersih dan tersambung rapat. Anda bisa membeli sikat kuningan untuk membersihkan terminal aki.

Sebuah aki 12 volt dapat memproduksi lebih dari 13,5 volt ketika bekerja dengan baik. Tegangan yang drop dapat memengaruhi kinerja mesin dan mengakibatkan kesulitan ketika menstarter mobil.

4. Body: Jaga kebersihan interior dan eksteriornya.

Poin ini sudah sangat jelas. Akan tetapi ada satu hal yang harus Anda waspadai. Di bagian bawah pintu, spatbor, serta kap mesin di dekat kaca depan, biasanya terdapat lubang sebagai jalan air.

Tentukan lubang ini bersih dan tidak tersumbat. Jika lubang kotor atau tersumbat, air akan menggenang dan dapat menyebabkan karat pada mobil

 (can37)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.